Peranan Orang Tua dalam Mendukung Pendidikan Anak di Rumah dan Sekolah


Peranan orang tua dalam mendukung pendidikan anak di rumah dan sekolah sangatlah penting. Orang tua merupakan sosok yang paling berpengaruh dalam perkembangan anak, baik secara emosional maupun intelektual. Menurut Dr. Sylvia Rimm, seorang pakar psikologi anak, “orang tua memiliki peran utama dalam membentuk karakter dan kemampuan belajar anak.”

Di rumah, orang tua dapat memberikan dukungan dan motivasi kepada anak untuk belajar. Membuat jadwal belajar yang teratur, menyediakan lingkungan belajar yang nyaman, serta memberikan pujian dan dorongan saat anak berhasil mencapai prestasi, adalah beberapa cara yang dapat dilakukan orang tua untuk mendukung pendidikan anak di rumah.

Sementara di sekolah, peran orang tua juga tidak kalah penting. Menurut Prof. James Comer, seorang ahli pendidikan, “kerjasama antara orang tua dan sekolah dapat membantu meningkatkan prestasi belajar anak.” Orang tua dapat terlibat dalam kegiatan sekolah, seperti mengikuti rapat orang tua guru, mengikuti acara sekolah, atau menjadi sukarelawan di sekolah.

Namun, tidak semua orang tua menyadari pentingnya peran mereka dalam pendidikan anak. Menurut survei yang dilakukan oleh Badan Pendidikan dan Kebudayaan UNESCO, hanya 60% orang tua yang aktif terlibat dalam pendidikan anak di rumah dan sekolah. Hal ini dapat berdampak negatif pada perkembangan anak.

Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk menyadari peran mereka dalam mendukung pendidikan anak di rumah dan sekolah. Sebagai orang tua, kita harus menjadi contoh yang baik bagi anak-anak kita, serta memberikan dukungan dan motivasi yang mereka butuhkan dalam belajar. Dengan begitu, kita dapat membantu anak-anak kita mencapai potensi terbaik mereka dalam pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Theme: Overlay by Kaira Extra Text
Cape Town, South Africa